Home » , » Kumpulan Plugin Wordpress yang Perlu Anda Install

Kumpulan Plugin Wordpress yang Perlu Anda Install

Written By Eddy Wijaya on Sabtu, 25 Januari 2014 | 05.11

Kumpulan Plugin Wordpress yang Perlu Anda Install - Dahulu saya sering beranggapan bahwa sebagai seorang pemilik blog, maka saya haruslah pandai dalam membuat script jika ingin menambahkan fungsi atau fitur tertentu ke dalam blog saya.

Seiring berjalannya waktu, saya mulai sadar bahwa anggapan saya tersebut adalah salah. Terlebih setelah saya mulai mencoba aktifitas blogging dengan bantuan CMS Wordpress pada sekitar tahun 2012. Wordpress sebagai CMS opensource memiliki banyak sekali plugin yang bisa anda download dan instal baik itu gratis ataupun berbayar.

Lalu apa fungsi plugin ? Inilah yang menarik jika kita memiliki blog dengan CMS Wordpress (Self Hosting). Plugin itu bisa dibilang sebagai kumpulan script-script program yang sudah dibuat satu paket dan berguna untuk tujuan tertentu. Misalnya menampilkan fungsi-fungsi tertentu didalam suatu blog.

 Plugin Wordpress yang Perlu Anda InstallTentunya sebagai seorang blogger khususnya yang pemula, dengan adanya hal ini akan sangat membantu didalam memperbaiki kinerja blog. Bagaimana tidak, anda hanya perlu mencari plugin yang bisa menampilkan fitur atau fungsi sesuai dengan keinginan anda.

Dari sekian banyak plugin Wordpress yang tersedia, tentunya tidak mungkin jika semua anda adaptasi ke dalam blog anda. Pastinya anda akan memikirkan kapasitas hosting anda. Maka dari itu, rasanya anda perlu mengetahui beberpa plugin yang memang dirasa perlu untuk blog anda.

Plugin Wordpress yang Perlu Anda Install

1. All in SEO Pack

All in SEO Pack adalah salah satu plugin yang cukup populer sampai saat ini untuk urusan seputar SEO. Perlu anda ketahui bahwa dalam tekni SEO, ada 2 kategori dasar yang diantaranya adalah SEO Onpage dan juga SEO Offpage.

Dengan adanya plugin ini, anda bisa memaksimalkan poin-poin SEO Onpage anda seperti Title tag, Meta Keyword, Meta Description, Heading tag dan lain-lain. Ini akan sangat berguna bagi anda yang kurang menguasai bahasa pemrograma website, karena biasanya kita harus mengoptimalkan poin-poin diatas dengan mengganti struktur dari template blog.

2. Google XML Sitemap

Masih seputar SEO, plugin yang satu ini juga memberikan dampak yang cukup baik bagi perkembangan blog anda. Dengan adanya XML Sitemap yang otomatis digenerate oleh plugin ini tentunya akan membuat robot mesin pencari lebih mudah dalam mengindeks setiap halaman pada blog anda.

3. Contact Form

Terlihat sepele tapi nyatanya penting, inilah gambaran dari sebuah halaman kotak didalam blog. Banyak pemilik blog yang hanya fokus membangun konten dan melakukan promosi, tapi mereka lupa akan hal simpel mendasar yaitu sebuah halaman kontak.

Halaman kontak sangatlah berguna untuk pengunjung blog anda untuk menyampaikan pesan baik itu kritik, saran, atau opini kepada anda secara pribadi.

4. Related Posts

Untuk membuat pengunjung blog betah berlama-lama di blog anda, tentunya anda harus membuat navigasi yang menarik. Navigasi bisa berupa apa saja seperti menu bar, widget pada side bar atau bahkan related posts (artikel terkait).

Selain berguna sebagai navigasi, dengan adanya fungsi related posts juga dapat membantu meningkatkan jumlah bounce rate serta page view dari blog anda. Itu artinya, tinkat konversi pada blog anda menjadi lebih tingi.

5. TF Social Share

Dari namanya saja tentu anda sudah tahu plugin apakah ini. Plugin ini berfungsi unuk memunculkan kolom sharing pada blog anda ke jejaring sosial. 

Jangan hanya berpikir bahwa pengunjung yang datang ke blog anda semuanya berasal dari mesin pencari, fakta membuktikan bahwa peran jejaring sosial juga sangat penting didalam meningkatkan jumlah visitor suatu blog.

Kelima plugin diatas semuanya adalah free alias gratis, anda bisa mendownloadnya langsung dari halaman login Wordpress anda. Saya rasa cukup artikel kali ini mengenai  Plugin Wordpress yang Perlu Anda Install , semoga bermanfaat !
Share this article :
 
Contact | Disclaimer | Privacy Policy | Sitemap
Copyright © 2013. Comevie - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger