Home » , , , » Cara Membuat Laptop Menjadi Hotspot

Cara Membuat Laptop Menjadi Hotspot

Written By Eddy Wijaya on Sabtu, 14 September 2013 | 06.19

Cara Membuat Laptop Menjadi Hotspot - Perkembangan teknologi semakin hari semakin pesat saja. Demikian juga dengan perkembangan jaringan.

Jika biasanya kita mengetahui bahwa untuk menghubungkan jaringan kita memerlukan kabel untuk perantaranya. Kini ada yang namanya teknologi jaringan nirkabel atau biasa yang disebut dengan WiFi.

Mungkin banyak dari anda yang sudah menggunakan teknologi jaringan nirkabel ini. Itu mungkin saja mengingat bahwa banyak device-device seperti laptop, handphone atau bahkan jam tangan yang mengadaptasi teknologi ini sehingga membuat kita sudah begitu tidak asing lagi dengan hal yang satu ini.

Banyak dari kita menggunakan WiFi hanya sebagai pengguna. Tapi pernahkah terpikir oleh anda untuk membuat diri anda menjadi checkpoint dan menciptakan hotspot sendiri sehingga device lain bisa mengakses jaringan ataupun internet dari hotspot yang anda buat ?

Pada artikel ini saya akan membahas hal yang namanya membuat sebuah perangkat, dalam kasus ini adalah laptop saya untuk membuat hotspot sendiri.
Cara Membuat Laptop Menjadi Hotspot

Cara Membuat Laptop Menjadi Hotspot

Dalam tutorial ini saya akan menggunakan bantuan pihak ketiga yaitu Connectify. Connectify ini merupakan sebuah software third content yang berfungsi untuk membuat hotspot. Jadi prosesnya nanti hanya tinggal klik and klik..
  • Sebelum itu anda harus mendownload software terlebih dahulu. Silakan buka langsung situsnya di http://www.connectify.me/
  • Untuk mendownload, silakan pilih tombol berwarna ungu yang bertuliskan TRY HOTSPOT LITE. 
  • Setelah anda download, install aplikasi tersebut di laptop anda.
  • Sesudah anda install, jalankan program tersebut. Biasanya setelah dijalankan anda bisa melihat icon Connectify yang bentuknya seperti gelombang sinyal di bagian kanan bawah layar dekstop. Silakan klik icon tersebut sehingga muncul seperti berikut 
Cara Membuat Laptop Menjadi Hotspot

  • Pada gambar, ada 5 point yang sengaja saya beri nomor.. Untuk lebih jelasnya saya akan jelaskan point demi point..
  1. Point 1 adalah nama hotspot yang akan anda buat natinya. Karena anda mendownload versi trial maka nama koneksi tidak akan bisa diganti.. Jadi biarkan saja !
  2. Point 2 adalah password dari hotspot anda. Gunanya adalah untuk memberikan fitur keamanan sehingga tidak semua orang bisa mengakses hotspot anda. Buatlah password dengan minimal 8 karakter.
  3. Point 3 adalah sumber internet yang anda miliki. Silakan anda pilih darimana sumber internet anda sekarang ini. Contoh: Jika anda menggunakan modem USB maka pilihlah USB pada combo box tersebut. 
  4. Point 4 adalah media untuk hotspot anda. Pilihlah WiFi sehingga hotspot anda bisa diakses orang yang mengaktifkan WiFi mereka.
  5. Untuk point 5 cukup anda isikan dengan WPA 2
Jika semua setting mulai dari point 1 sampai 5 sudah anda lakukan maka langkah terakhir adalah mengklik tombol START HOTSPOT lalu tunggu loadingnya sampai selesai maka seelah itu hotspot anda sudah bisa diakses oleh orang lain.

Baiklah, saya rasa demikian artikel kali ini mengenai Cara Membuat Laptop Menjadi Hotspot. Semoga bermanfaat !
Share this article :
 
Contact | Disclaimer | Privacy Policy | Sitemap
Copyright © 2013. Comevie - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger