Home » , , » 5 Tips Merawat Laptop Agar Tetap Awet

5 Tips Merawat Laptop Agar Tetap Awet

Written By Eddy Wijaya on Senin, 09 September 2013 | 07.31

5 Tips Merawat Laptop Agar Tetap Awet ini rasanya penting untuk anda ketahui. Sebagai seorang yang memiliki laptop tentunya anda ingin agar laptop anda awet dan tahan lama bukan ? Jika iya, maka anda membaca artikel yang tepat !

Kita semua tahu bahwa laptop bukanlah barang murah, melainkan barang yang cukup mahal dan juga sensitif. Oleh karena itu perawatan yang baik sangatlah diperlukan, karena jika tidak maka jangan heran jika laptop anda akan sering berurusan dengan tukang service.

Jadi jika anda ingin agar laptop yang anda miliki tetap awet, anda bisa melakukan hal-hal seperti perawatan rutin. Perawatan disini pun tidak mengeluarkan biaya sedikitpun, tentunya sangat menguntungkan jika dibandingkan anda harus melakukan service.

Untuk merawatnya tidak sesulit seperti yang anda bayangkan. Mungkin saja beberapa dari anda sudah ada yang mengetahuinya. Lalu apa saja tipsnya, mari kita lihat dibawah ini !

5 Tips Merawat Laptop Agar Tetap Awet

5 Tips Merawat Laptop Agar Tetap Awet

1. Bersihkan Laptop Anda Dari Debu

Debu merupakan partikel yang paling sering kita jumpai, entah itu menempel pada kendaraan, peralatan, dan juga gadget seperti laptop. Sama halnya seperti pada tempat lain, debu pada laptop juga perlu cepat-cepat kita bersihkan karena bisa beresiko menyebabkan penyumbatan pada kipas pembuangan udara dari laptop.

Biasanya saluran pembuangan udara yang tersumbat oleh debu akan menghasilkan suara yang cukup bising. Hal itu pun pernah terjadi pada laptop saya beberapa waktu lalu. Solusi terbaiknya adalah dengan membawa laptop anda ke gerai vendor terdekat untuk minta dibersihkan. 

Karena kebetulan laptop saya masih garansi pada waktu itu, maka saya tidak berani untuk membuka dan membersihkannya sendiri.

2. Jangan Meletakan Benda Berat diatas Laptop

Meletakan benda-benda berat diatas laptop juga perlu anda hindarkan. Kenapa demikian ? Karena ketika anda meletakan benda-benda berat tepat diatas laptop anda maka secara langsung beban benda tersebut akan berdampak terhadap kerusakan LCD laptop anda.

Jadi saya sarankan untuk jangan meletakan benda-benda berat seperti charger, buku, atau apapun itu diatas laptop anda karena dapat beresiko menyebabkan kerusakan LCD anda.

3. Gunakan Selalu Baterai Laptop

Banyak orang beranggapan bahwa lebih baik menggunakan baterai laptop ketika bepergian dan menggunakan daya DC/listrik (Melepas baterai) pada saat berada dirumah.

Menurut saya ini kurang baik untuk laptop, kenapa ? Karena ketika anda melepas baterai laptop anda dan hanya menggunakan daya DC/listrik, itu merupakan hal yang sangat beresiko.

Coba bayangkan jika tiba-tiba listrik dirumah anda padam dan anda sedang menyalakan laptop anda. Spontan laptop anda juga akan ikutan mati seiring dengan matinya listrik. Hal seperti ini dapat beresiko menyebabkan kerusakan pada organ dalam laptop seperti mainboard dan harddisk.

Jadi, menggunakan baterai laptop masih merupakan pilihan yang baik untuk mencegah hal itu terjadi.

4. Gunakan Laptop pada Sudut Datar

Ketika anda menggunakan laptop, usahakan mencari tempat yang sudutnya datar atau dalam artian letak dudukan laptop anda rata dan tidak miring. Kenapa tidak boleh miring ?

Sebenarnya bukan tidak boleh, tapi sebisa mungkin dihindari. Karena ketika laptop berada dalam kondisi menyala maka harddisk juga ikut bekerja. Pada saat harddisk bekerja, piringan harddisk terus berputar dengan kecepatan tertentu.

Ketika laptop anda berada dalam sudut kemiringan tertentu hal tersebut dapat berpotensi menyebabkan head harddisk menggores piringan tadi yang bisa menyebabkan harddisk bad sector atau lebih parahnya lagi tidak dapat digunakan.

Memang hal ini tidak langsung berakibat fatal, tapi jika anda terlalu sering seperti itu maka bukannya tidak mungkin jika harddisk anda akan menjadi korban.

5. Hindari Laptop dari Benda Cair

Bukan hanya laptop yang harus dihindari dari benda cair, tapi saya rasa semua benda elektronik juga demikian karena nantinya bisa menimbulkan korsleting listrik yang dapat merusak komponen laptop anda.

5 Tips Merawat Laptop Agar Tetap Awet ada baiknya jika anda terapkan sendiri. Semoga bermanfaat !
Share this article :
 
Contact | Disclaimer | Privacy Policy | Sitemap
Copyright © 2013. Comevie - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger